Ini Dia Ahli Ekonomi Syariah dan Ekonomi Umat

VNewsIndonesia|  KH Ma’ruf Amin ternyata berkiprah di dunia ekonomi syariah. Dia bernaung di Masyarakat Ekonomi Syariah. Cawapres pendamping Jokowi yang Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu memiliki pemikiran ekonomi yang tepat untuk Indonesia.

Yakin, KH Ma’ruf Amin dapat melanjutkan pekerjaan yang dilakukan Jokowi selama empat tahun terakhir untuk mengentaskan kemiskinan, membangun kawasan terbelakang hingga kawasan perbatasan.

“Kami ingin mewujudkan keadilan sosial dan melanjutkan pemerataan,” kata Jokowi pada saat pidato politik di Gedung Joang (10/08/2018).

KH Ma’ruf Amin, Guru Besar bidang Ilmu Ekonomi Muamalat Syariah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang itu berhasil mendorong penerbitan perundangan ekonomi syariah.

Fatwa tentang bank konvensional berdampak kepada perkembangan bank syariah. Selain itu, sejak 2008 terbit aturan tentang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dan perbankan syariah.

“Tahun 1990-1998 hanya ada satu bank syariah, pada 1998 sampai 2002 lahir lima bank syariah, sedangkan sejak 2003 semakin banyak muncul bank syariah, baik Unit Usaha Syariah maupun Bank Umum Syariah,” kata KH Ma’ruf Amin dalam kesempatan yang sama.

KH Ma’ruf Amin pun akan menguatkan dan mengembangkan bisnis dan wisata syariah.

Dia mendukung pendekatan ekonomi dari bawah ke atas dan meninggalkan pendekatan dari atas ke bawah. Ekonomi nasional harus ditopang oleh ekonomi umat, bukan hanya ditopang oleh segelintir konglomerat.

Jika komitmen pemerintah ini dapat berjalan dengan mulus, maka Indonesia dapat menciptakan pasar dan sekaligus sebagai pemain ekonomi syariah.

Salam Indonesia maju!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *