Ternyata Kiai Ma’ruf Pencinta Sepak Bola

VNewsIndonesia | Banyak orang belum tahu sosok KH Ma’ruf Amin selengkapnya. Sebagian mungkin hanya mengenal Kiai Ma’ruf sebagai ulama, mantan Rais ‘Aam PBNU dan Ketua Umum MUI.

Selain itu, dia adalah orang yang selalu update, mengikuti perkembangan zaman. Dan jangan kaget, dia juga penggemar sepak bola.

Di masa muda, dia gemar bermain sepak bola di sela-sela kegiatannya memperdalam ilmu. Kegemarannya pada sepak bola tidak hilang hingga kini. Kini, dia menikmatinya dengan cara menonton pertandingan sepak bola melalui layar televisi.

Seperti penggemar sepak bola lain di Indonesia, Kiai Ma’ruf juga sedang menantikan aksi Tim Nasional Indonesia di Piala AFF 2018. Sama seperti kita, dia ingin Evan Dimas Darmono lolos dari Grup B.

“Belakangan prestasi Timnas, khususnya usia muda, sudah cukup bagus. Tim nasional U-16 juara Piala AFF dan lolos ke perempat final Piala Asia. Tim nasional U-19 juga lolos perempat final Piala Asia, sementara Tim Nasional yang berlaga di Asian Games lolos sampai babak 16 besar. Kini waktunya Timnas senior berjuang semaksimal mungkin untuk meraih hasil terbaik,” katanya di rumahnya di Jl. Besuki, minggu lalu.

Tim Merah Putih juga terkendala masalah pelatih. Setelah Luis Milla tidak bersedia memperpanjang kontraknya sebagai pelatih Indonesia, PSSI menunjuk Bima Sakti sebagai penggantinya.

Dia menjelaskan, para pemain butuh waktu untuk beradaptasi dengan pelatih baru. Bima juga harus pintar-pintar memotivasi para pemain dan menerapkan strategi warisan Luis Milla.

Dulu dia terkesan dengan Antun Pogacnik. Berkat tangan dingin mantan pemain tim nasional Yugoslavia dan Kroasia itu lahir pemain-pemain legendaris, seperti Ramang, Bakir, Maulwi Saelan, Suryadi, Tan Lion Houw, Kwee Kiat Seek, Suryadi, Omo Suratmo, dan Hengky Timisela.

Ternyata Kiai Ma’ruf seorang penggemar sepak bola, seperti kita, yang tidak pernah melewatkan pertandingan penting. Dia tahu sejarah tim sepak bola, dan selalu update dengan berita sepak bola dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *