Kerja Nyata Jokowi: Berikan THR untuk Veteran Pejuang (3)

VNewsIndonesia | Empat tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi), juga ditandai dengan perhatian penuh kepada para veteran pejuang perintis kemerdekaan, pensiunan pejabat negara, PNS, TNI, dan Polri.

Melalui kebijakan yang dilansir Jokowi, per 2018, mereka mendapatkan tunjangan hari raya (THR) sebesar satu kali gaji pokok/tunjangan pensiunnya.

Seiring dengan kebijakan tersebut, para PNS juga mendapatkan mendapatkan THR dan gaji ke-13.

Melalui skema ini, diharapkan para pensiunan dan veteran serta para ASN lebih sejahtera dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Menurut Jokowi, pemberian THR dan gaji ke-13, selain dapat membantu meningkatkan kesejahteraan para ASN dalam menyambut Lebaran, juga diharapkan dapat peningkatan kinerja dan kualitas pelayanan publik.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, jika THR untuk pejabat negara, PNS, prajurit TNI dan anggota Polri tahun lalu diberikan satu kali gaji pokok, maka pada 2018 ini dibayarkan sebesar satu kali penghasilan.

Rinciannya terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, dan tunjangan kinerja.

THR itu telah dibayarkan pada Juni 2018, sedangkan gaji ke-13 dibayarkan pada Juli 2018.

Di era Jokowi, menteri atau pejabat lain yang hak keuangannya setingkat menteri, juga diberikan THR, termasuk komponen tunjangan kinerja.

Sedangkan untuk pimpinan lembaga non struktural (LNS) dan pegawai nonPNS di LNS, memperoleh THR sebesar satu kali penghasilan, setinggi-tingginya sesuai lampiran PP 24/2017.

Per tahun ini tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 yang diberikan kepada para pegawai negeri sipil (PNS), TNI, Polri lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya.

THR yang diberikan juga tidak hanya dalam bentuk gaji pokok, tapi termasuk di dalamnya tunjangan keluarga dan tunjangan kinerja.

Dengan skema ini, THR yang diperoleh PNS pun hampir sama seperti take home pay (THP) satu bulan.

Ada pun untuk gaji ke-13, besarannya tidak ada perubahan bagi para PNS, TNI, dan Polri. (bersambung/MOH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *