Kerja Nyata Jokowi: Terus Menjaga Performa Rupiah (7)

VNewsIndonesia | Kerja nyata Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga bisa dilihat performa perekonomian Indonesia cukup baik di tengah gejolak ekonomi global.

Mata uang rupiah terhadap dolar Amerika juga terus terdongkrak naik, setelah sempat terdepresiasi.

Saat berita ini ditulis Jokoway, kurs rupiah dibanderol Rp 14.293 terhadap mata uang negeri Abang Sam. Pada kurun waktu sebelumnya rupiah sempat berada di angka Rp 15 ribuan.

Menurut Jokowi, salah satu penyebab rupiah bisa menguat tajam akhir-akhir ini karena banyak arus modal asing masuk ke Indonesia.

“Saya dengar arus modal sudah kembali lagi masuk. Jangan kaget nanti kalau dolar AS turun terus, enggak tahu sampai berapa,” ungkap Jokowi saat menghadiri CEO Network di The Ritz-Carlton, kawasan Sudirman, Jakarta, Senin kemarin.

Bagi Jokowi, kondisi tersebut menunjukkan jika perekonomian Indonesia semakin membaik.

Bank sentral dan pemerintah, kata Jokowi, sangat berhati-hati dalam mengelola fiskal dan moneter. Karena itu pula, kepercayaan internasional pun semakin meningkat kepada Indonesia.

“Karena pengelolaan fiskal kita yang sangat hati-hati, prudent dan itu menambah kepercayaan internasional terhadap Indonesia. Apa sih yang ingin kita bangun. Yang kita bangun adalah trust, tingkat kepercayaan. Bahwa kita mengelola fiskal, mengelola moneter secara hati-hati,” ungkap Jokowi.

Disebutkan Jokowi, otoritas moneter Indonesia berhasil menjaga stabilitas rupiah.

Di tengah gejolak global, Bank Indonesia terus membela kurs rupiah. Diungkapkan dia, pertempuran hari ke hari minggu ke minggu bulan ke bulan untuk menjaga rupiah sangatlah berat.

Selain itu, membaiknya performa ekonomi Indonesia juga dapat dibaca sisi inflasi. Pemerintah memperkirakan inflasi 2018 akan berada pada kisaran 3,2 persen.

Dan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal ketiga 2018 juga tercatat mencapai 5,17 persen.(selesai/HAM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *