Regulasi Transportasi Online Perlu Agar Driver-Penumpang Senang

VNEWS.ID| Presiden Joko Widodo (Jokowi) moda transportasi online merupakan inovasi yang baik. Namun, inovasi tersebut harus diimbangi dengan regulasi yang bisa membuat pengemudi dan penumpang sama-sama senang.

“Memang dalam pengembangan inovasi-inovas baru seperti ini harus diimbangi peraturan-peraturan yang ada,” kata Jokowi saat menghadiri acara Silaturahmi Nasional dengan Keluarga Besar Pengemudi Online di Hall A2 Dan A3, Ji-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (12/1/2019).

Jokowi mengatakan, inovasi teknologi termasuk moda transportasi bukan saja terjadi di Indonesia, namun juga di negara lain. Persoalan yang menyusul kerap kali soal regulasi.

“Saya bilang apa adanya, inovasi teknologi lebih cepat dari peraturannya, tidak hanya di Indonesia, di semua negara tertatih-tertatih, tertingggal. Barangnya sudah ada, peraturannya belum,” katanya.

“Menurut saya yang paling penting bagi saya konsumennya senang, saudara-saudara (driver) senang, saudara-saudara bekerja senang, di situ senang, di sini senang, semuanya senang. Yang paling penting itu. Iya ndak?” kata Jokowi.

“Iya Pak,” jawab para driver.

Oleh sebab itu, lanjut Jokowi, sejak 6 bulan lalu dirinya sudah memerintahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk menyiapkan regulasi bagi moda transportasi online. Tujuannya agar payung hukum pekerjaan tersebut jelas.

“Sudah keluar regulasinya, baru keluar satu, Peraturan Menteri Nomor 118 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus. Sebentar lagi keluar lagi payung hukum agar bapak ibu saudara sekalian bisa bekrja dengan ada payung hukumnya,” kata Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *