Tebing Retak di Exit Tol Veteran Bintaro: Elegi di Tengah Deras Hujan

0

VNEWS– Pada Sabtu sore, di kawasan Bintaro Permai, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, tebing di exit Tol Veteran Bintaro mengalami longsor. Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Tangsel dan Jakarta sejak pagi menyebabkan air limpasan dari jalan tol mengalir deras, menyerupai air terjun, hingga memicu longsor di titik yang dikenal sebagai SPBU Kodam Bintaro.

Video detik-detik longsor tersebut diunggah oleh akun Instagram @jakartaselatan24jam, memperlihatkan dinding tebing yang runtuh akibat air yang mengalir deras dari ketinggian jalan tol. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelumnya telah memperkirakan hujan dengan intensitas ringan di seluruh wilayah DKI Jakarta pada hari itu.

Tebing exit tol Bintaro Veteran longsor sekitar pukul 13.25 WIB. Kepala BPBD Provinsi DKI Jakarta, Isnawa Adji, memastikan bahwa tidak ada korban luka maupun jiwa dalam kejadian ini. Longsor yang terjadi di Jalan Mulya Bakti RT 006/001 Kelurahan Bintaro ini menutup akses jalan, namun penanganan segera dilakukan dengan berkoordinasi dengan perangkat RT dan RW setempat, serta pihak Jasa Marga yang mengelola tol.

Ruas panjang tanah longsor mencapai 6 meter dengan ketinggian 2 meter. Jasa Marga melalui Jasamarga Toll Road Maintenance (JMTM) dan Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) segera membersihkan material longsor dan menerapkan rekayasa lalu lintas dengan menutup sementara lajur satu dan bahu luar untuk mengurangi beban pada lereng yang longsor. Selain itu, cerucuk dipasang sebagai penanganan sementara untuk memperkuat dinding penahan dan mencegah longsor lebih lanjut.

Meskipun longsor ini sempat menutup sebagian akses jalan dan lingkungan, upaya pembersihan dan penanganan cepat dari berbagai pihak memastikan tidak ada korban jiwa, dan jalan kembali berfungsi normal. Namun, kejadian ini menjadi pengingat akan kekuatan alam yang tak terduga, serta pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi cuaca ekstrem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *