5 Pekerjaan Terkait Lingkungan Ini Semakin DIcari Perusahaan

VNewsIndonesia| Iklim di Bumi telah berubah sepanjang sejarah dan dalam beberapa dekade terakhir para ilmuwan menyimpulkan bahwa planet hijau ini sedang mengalami pemanasan global.

Tekanan global untuk mengurangi tingkat karbon di atmosfer menghasilkan berbagai upaya untuk mencari penghasil energi yang ramah lingkungan. Untuk mengurangii kecenderungan kerusakan lingkungan, penemu banyak menghasilkan kebutuhan akan bidang keahlian baru. Laporan dari Badan Energi Terbarukan Internasional (International Renewable Energy Agency/ IREA) seperti dikutip dari Kantor berita CNBC ada 10,3 juta pekerjaan energi terbarukan di seluruh dunia saat ini, hal tersebut meningkat 5,3 persen sejak 2017.

Dikutip dari Kantor berita CNBC, pekerjaan “ramah lingkungan” ini berkembang pesat dan semakin populer, yakni:

1. Insinyur/ Teknisi Bidang Lingkungan.

Data LinkedIn menyebutkan bahwa ini adalah salah satu dari 10 jabatan pekerjaan yang banyak dicari oleh perusahaan di Amerika Serikat selama 12 bulan terakhir dalam kaitannya di sektor lingkungan. Dengan jenis keterampilan  berbeda yang mungkin melibatkan pekerjaan termasuk manajemen cuaca, manajemen limbah berbahaya dan bahkan manajemen lalu lintas. Insinyur/ teknisi bidang lingkungan telah  bekerja untuk meningkatkan kualitas daur ulang, pembuangan limbah, kesehatan masyarakat, serta kontrol polusi air dan udara. Situs web collegegrad.com menuliskan upah tahunan rata-rata adalah 84.890 dollar AS atau sekitar Rp 1,23 miliar (kurs Rp 14.500).

2. Teknisi turbin angin

Saat ini turbin angin semakin banyak bermunculan di seluruh dunia. Di lepas pantai kini banyak perusahaan-perusahaan listrik berusaha untuk memanfaatkan energi terbarukan. Pada tahun 2017 Industri angin telah bertambah lebih dari 52 gigawatt (GW) tenaga angin, menurut laporan terbaru dari Global Wind Energy Council (GWEC). Pertumbuhan itu telah menyebabkan dunia  kekurangan ahli dalam membangun dan memelihara turbin. Sebuah Badan yang bernama Biro Statistik Tenaga Kerja (Bureau of Labor Statistics/ BLS) Amerika Serikat melaporkan bahwa upah tahunan rata-rata untuk teknisi turbin angin adalah 53.880 dollar AS atau setara Rp 781,26 juta pada bulan Mei 2017.

3. Ilmuwan lingkungan

Kesadaran masyarakat  akan lingkungan membentuk kebijakan publik dan salah satu peran kunci di lapangan adalah ilmuwan lingkungan. Di Inggris Search engine yang berhubungan dengan pekerjaan ini  telah tumbuh 157 persen dalam tiga tahun terakhir. Ilmuwan lingkungan mungkin diharapkan dapat menghitung dan mempertimbangkan dampak lingkungan dan mengembangkan sistem manajemen untuk menghadapinya. BLS memprediksi bahwa prospek pekerjaan akan tumbuh pada tingkat 11 persen antara 2016 dan 2026.

4. Pekerja daur ulang

Bill Richards, Managing Director Inggris menuturkan kepada CNBC bahwa kebutuhan untuk pekerja daur ulang di Inggris telah meningkat tiga kali lipat dalam tiga tahun terakhir karena memisahkan sampah telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Jenis Pekerjaan ini tidak dibayar dengan baik, namun, dengan data Indeed menunjukkan gaji rata-rata sekitar 10,05 dollar AS atau Rp 14.500 per jam. Laporan yang sama menyarankan bahwa mereka yang melakukan pekerjaan ini biasanya kurang dari satu tahun.

5. Instalasi surya fotovoltaik (PV)

Panel PV surya mengkonversi sinar matahari menjadi energi listrik, dan menginstal PV menempatkan sistem ini di tempat. Bergantung pada undang-undang di setiap negara, installer juga dapat memasang panel surya ini ke jaringan listrik. Data BLS, mempekerjakan installer PV surya diproyeksikan tumbuh 105 persen dari 2016 hingga 2026, jauh lebih cepat dari pada rata-rata untuk semua pekerjaan. Tahun 2017, gaji rata-rata untuk penginstal PV yang berbasis di AS dan bekerja untuk perusahaan utilitas adalah 49.010 dollar AS atau Rp 710,645 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *