Amien Rais belum tentu salah, ngapain bawa pasukan?

VNEWS.ID| Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dijadwalkan hadir panggilan kedua di Polda Metro Jaya, Rabu (10/10) besok. Amien Rais dipanggil sebagai saksi kasus penyebaran Hoaks oleh Ratna Sarumpaet. Rencananya, pemeriksaan Amien Rais akan dikawal oleh massa 212.

Wakil Ketua TKN pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding meminta semua pihak untuk membiarkan aparat kepolisian sebagai penegak hukum bekerja secara Independen.

“Itu artinya enggak percaya polisi kan, hukum kita ini independen dan polisi kita sebagai penegak hukum sangat profesional, biarkan proses hukum bekerja. Justru membawa pendukung lebel 212 itu nuansa politiknya kenceng untuk menekan penegak hukum agar berpikir lain,” ujar Karding di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa(9/10).

Karding mengatakan, mantan ketum PAN Amien Rais sebagai pemimpin seharusnya bisa mendorong proses hukum berjalan sesuai kaidahnya. Jadi, Amien Rais tidak perlu melibatkan massa.

“Menurut saya beliau sebagai mantan Ketum Partai harus dorong untuk bantu kepolisian agar kepolisian bisa kerja sesuai aturan dan profesionalitasnya,” kata dia.

Karding mengungkapkan, polisi harus lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan terutama saat ini dimana segala keputusan dapat diartikan sebagai memihak satu golongan saja.

“Saya berpikir polisi transparan saja di era  seperti ini terbuka saja, polisi berisiko kalau ambil langkah tidak sesuai hukum. Apalagi masa politik sekarang,”

Sebelumnya, Ketua PA 212 Slamet Maarif mengatakan, mantan ketum PAN Amien Rais akan dikawal sekitar 500 orang saat diperiksa sebagai saksi kasus hoaks Ratna Sarumpaet.

“Problemnya saat ini adalah kalau proses hukum terkait kita (kubu Jokowi), polisi disebut profesional, tapi kalau terkait mereka, maka disebut polisi gampang diintervensi dan dikooptasi. Menurut saya itu bukan cara pikir yang baik bagi masyarakat,” lanjutnya.

Menurutnya, agenda panggilan mantan ketum PAN Amien Rais esok tidak perlu dibesar-besarkan mengingat Amien Rais hanya dipanggil sebagai saksi tidak akan dilakukan penganiayaan.

Baca Juga :  Polisi ke Amien Rais: Jangan Takut, Penyidik Hanya Klarifikasi

“Enggak perlu kan itu cuma saksi dan pak Amien Rais belum tentu salah, hanya saksi biasa. Seperti saya kalau dipanggil atau lapor kan datang saja, ngapain bawa-bawa pasukan, toh tidak akan pengaruhi polisi mau puluhan ribu pun enggak pengaruh,” tegas dia.

mantan ketum PAN Amien Rais dipanggil sebagai saksi dalam kasus penyebaran berita bohong oleh Ratna Sarumpaet setelah dia mendengar langsung cerita dari Ratna terkait penganiayaan yang dilakukan tiga orang di Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *