80 DIBACA

Bantu Anies, Suntikan Jokowi untuk Warga DKI Terdampak Corona Lebih Besar

VNEWS.ID| Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut memberikan subsidi kepada Pemprov DKI Jakarta untuk membantu 2,5 juta warga terdampak virus Corona atau Covid-19.

Ia mengatakan pemerintah pusat akan menyiapkan instrumen jaring pengaman sosial (social safety net) bagi jutaan warga ibu kota.

Menurutnya, dari laporan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bahwa ada 3,6 juta penduduk ibu kota yang perlu bantuan pemerintah. Namun, pihak pemerintah provinsi DKI Jakarta baru memberikan subsidi kepada 1,1 juta orang.

“Saya kira Gubernur DKI Jakarta angkanya kemarin 3,6 juta yang perlu dimasukkan dalam program social safety net, tapi DKI sudah berikan untuk 1,1 juta artinya tinggal 2,5 juta yang perlu dieksekusi,” ujarnya dalam rapat terbatas lewat video conference dari Istana Kepresidenan, Bogor pada Kamis, (2/4/2020).

Diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi telah menambah alokasi belanja dan pembiayaan dalam APBN 2020 sebesar Rp405,1 triliun untuk menangani COVID-19.

Dari jumlah tersebut, anggaran sebesar Rp110 Triliun diperuntukkan sebagai jaring pengaman sosial (Social Safety Net) yang mencakup penambahan anggaran kartu sembako, kartu prakerja, dan subsidi listrik.