Cerita Kopi Hijau Waris yang Melegenda

VNEWS.ID | Melalui akun Instagram dan twitternya Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sabtu (5/1/2019) mengunggah sedang menikmati kopi saat berada di Tulungagung, Jawa Timur.

“Malam ini saya di Tulungagung. Saya sekarang ada di ‘Angkringanku’, pemilik Angkringanku namanya mas Aji. Ini Kopi Ijo namanya, harganya satu cangkir 4 ribu,” ujar Jokowi dalam video tersebut.

Apa sih sebenarnya kopi hijau yang begitu populer di Tulungagung ini, Kopi hijau adalah kopi khas daerah tersebut. Menurut pemilik Angkringanku, Aji, Kopi ini berawal dari Warung Kopi Waris.

Ya, Warung Kopi Waris, ini adalah legenda warung kopi di Tulungagung, hingga kini tidak pernah sepi pengunjung. Waris atau Mak Waris adalah nama pemilik warung kopi legenda ini.

Warungnya tetap laris hingga saat ini karena citarasa kopi yang disajikan lembut dan gurih. Disajikan dengan 2 varian, kopi tubruk dan kopi susu.

Disebut kopi hijau karena kopi yang disajikan terlihat berwarna hijau, makin kelihatan berwarna hijau jika dituang di piring kecil (lepek). Kopi berwarna hijau bukan karena dikasih zat pewarna melainkan cara sangrainya.

Sangrai kopi hijau dilakukan dengan memakai wajar dari tanah lihat, pemanasmnya menggunakan kayu bakar yang kering, harus sabar dan telaten menjaga api agar suhunya tetap stabil sehingga menghasilkan kopi yang matang dengan merata serta sempurna.

Indonesia memang kaya dengan kopi dengan berbagai cita rasanya, tidak hanya Gayo dan Toraja yang mendunia, masih banyak kopi nusantara yang begitu terkenal di dunia seperti kopi Bali, Dempo dan Dampit Malang, belum lagi cara penyajiannya.

Kopi Hijau di Tulungagung, Kopi Joss di Yogyakarta, Kopi Santan di Blora, kopi Sanger Aceh, kopi Kong Djie di Belitung, kopi Osing di Banyuwangi dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Kelebihan Jokowi di Mata Buya Syafii

Berbagai macam jenis kopinya, berbagai macam cara penyajiannya dan namanya yang pasti satu kopinya tetap kopi asli Indonesia.

Tidak salah jika Jokowi ingin ada sekolah vokasi khusus kopi, yang mempelajari produk-produk olahan kopi nusantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *