Difitnah Antek Asing, Ini Jawaban Jokowi

VNewsIndonesia | Seperti yang sering kita dengar dari para ulama dan tokoh-tokoh bangsa yang bijak. Orang yang sudah dibutakan hatinya dengan keangkaramurkaan, ditutup hatinya oleh syahwat politik kekuasaan, maka orang itu sudah tidak bisa lagi melihat kebenaran.

Seperti halnya orang-orang yang selama ini mengatakan presiden Jokowi adalah antek asing. Mereka tidak lagi bisa melihat prestasi presiden Jokowi yang berhasil menasionalisasi perusahaan-perusahaan tambang minerba yang dulu dikuasai asing.

“Antek asing? Bagaimana antek asing? Yang namanya Blok Mahakam yang dulu dimiliki oleh Jepang, 100 persen kita kembali ke Pertamina. Blok Rokan dulu dikelola oleh Chevron, Amerika, sudah sekarang diambil oleh Indonesia 100 persen juga,” tegas Jokowi.

Tak hanya itu, tambang di daerah Papua yang dikelola PT Freeport juga berusaha diambil alih oleh pemerintah. Meski upaya pengambilalihan ini harus memakan waktu yang tak cepat.

“Freeport ini memang sangat sulit banget. Empat puluh tahun kita hanya mendapatkan 9,3 persen. Dan kita semua hanya menonton dan diam saja nggak ada yang bersuara. Sembilan persen diam. Saya negosiasi, para menteri-menteri saya negosiasi 3,5 tahun alot sekali. Jangan dipikir negosiasi  dengan Freeport  itu mudah. Sangat alot dan keras sekali. Saya minta tidak boleh  mundur, kita harus mayoritas 51 persen. Saya sudah katakan. Jangan sampai mundur. Ditawar 30 persen oleh mereka, nggak! Harus 51 persen mayoritas. Sudah tanda tangan yang namanya HoA, kesepakatan,” jelas  Presiden Jokowi.

Meski demikian, presiden Jokowi masih heran. Sebab, walau sudah ada kesepakatan bahwa saham Freeport diambil alih sebanyak 51 persen oleh pemerintah Indonesia, masih banyak saja pihak yang berpendapat negatif.

“Kok malah suaranya jelek-jelek  semua? Saya nggak ngerti gimana ini. Padahal sudah empat puluh tahun 9 persen pada diam. Begitu ada kesepakatan HoA 51 persen malah tidak didukung penuh. Mestinya seluruh rakyat Indonesia mendukung penuh agar itu betul-betul bisa dikelola bangsa ini. Begitu kok dibilang antek asing?” ucap Jokowi.

NONTON VIDEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *