Gangguan Dependen yang Selalu Bergantung

Ada beberapa hal yang tidak normal, namun dianggap hal yang biasa di dunia ini. Contohnya saja gangguan kepribadian, banyak yang menganggap itu hanyalah gangguan emosi biasa, yang akan bisa membaik seiring berjalannya waktu, apalagi bila diberikan coklat. Padahal, yang namanya gangguan kepribadian tidak bisa dianggap remeh, karena bisa berakibat pada hal-hal yang mengancam nyawa. Gangguan kepribadian dependen contohnya, mungkin bagi beberapa orang itu hanyalah masalah emosi biasa, mengingat orang dengan gangguan kepribadian seperti ini mudah sekali merasa cemas ketika ditinggalkan atau berpisah dari orang yang dianggap penting dalam hidupnya. Kenyataanya orang dengan gangguan kepribadian seperti ini mudah mengalami fobia, depresi, dan penyalahgunaan obat-obatan.

Gangguan kepribadian dependen (GKD) sendiri bisa didefinisikan sebagai seseorang yang  terlalu bergantung pada seseorang, memiliki kecemasan berlebihan dan tak beralasan, hingga tidak mampu melakukan berbagai hal secara mandiri, Pengidap GKD sering terlihat pasif dalam mengambil keputusan dan memiliki kepercayaan diri yang rendah. Hal tersebut umumnya berdampak pada kemampuan bersosialisasi dan bekerja dari penderita. Selain itu, ada kemungkinan penderita berada dalam hubungan yang tidak sehat, atau mengalami kekerasan.

Umumnya hal-hal yang mengakibatkan adanya GKD antra lain karena masa kecil yang sulit, seperti hidup dalam keluarga yang kacau, sering diabaikan, atau mengalami pelecehan. GKD juga bisa diakibatkan oleh peristiwa traumatis, seperti ditinggal seseorang yang penting, atau berada dalam hubungan yang abusif dalam waktu yang lama.

Gejala GKD sendiri biasanya terlihat dari ketidakmampuan penderita dalam membuat keputusan, memiliki rasa takut untuk ditinggalkan, sangat sensitif pada kritik, dan susah untuk hidup mandiri. Untuk pengobatan sendiri, GKD sampai berita ini ditulis hanya bisa disembuhkan dengan terapi, antara lain terapi kognitif, terapi interpersonal, dan terapi psikodinamik

Leave a Reply

Your email address will not be published.