Indonesia Mau Bangun Jembatan Laut ke Singapura

VNEWS. ID | Indonesia berencana membangun jembatan laut tahun depan untuk menghubungkan daratan Singapura.

Menurut laporan The Star, 11 Juli 2019, jembatan sepanjang 7 kilometer akan menghubungkan Batam dan Bintan yang akan memakan anggaran Rp 4 triliun. Proyek diperkirakan akan memakan waktu tiga hingga empat tahun.

Pemerintah Indonesia ingin menegaskan kembali Batam sebagai alternatif jalur pengiriman dan manufaktur antara Singapura, dengan potensi investasi US$ 60 miliar atau Rp 843 triliun.

Pemerintah Indonesia ingin pembangunan jembatan bisa mengurangi biaya logistik, meningkatkan konektivitas dan meningkatkan pariwisata di daerah tersebut. Pemerintahan Joko Widodo juga sedang mengkaji kemungkinan untuk menghubungkan Semenanjung Malaysia dengan pulau Sumatra di Indonesia.

Saat ini Kementerian Pekerjaan Umum RI sedang mengkaji dan merancang struktur jembatan, yang ditargetkan rampung akhir tahun.

Menurut laporan Channel News Asia, proyek jembatan diperkenalkan pertama kali pada 2005 dan pembangunan jembatan akan dimulai pada tahun 2020.

Indonesia sedang mengembangkan wilayah Batam untuk menarik peluang yang berpotensi timbul dari perang dagang AS-Cina, menurut Edy Putra Irawady, kepala Badan Pengembangan Batam.

Jembatan ini juga akan melengkapi upaya Singapura untuk meningkatkan lalu lintas penumpang udara dengan membangun terminal kelima untuk Bandara Changi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *