Intip Kesederhanaan Jokowi, Duduk Lesehan hingga Tak Mau Kursi Mewah

VNEWS.ID | Gaya hidup sederhana memang selalu dijalan Joko Widodo sedari dulu hingga dia duduk di Kursi RI 1. Sejumlah aktivitas kesederhanaannya pun beragam, mulai berbaur dengan masyarakat sampai tidak mau dilayani secara berlebihan.

Berkit beberapa kesederhanaan Jokowi yang sudah dirangkum :

1. Jokowi Minta Kursi Biasa

Sebagai tamu kehormatan, Presiden Jokowi selalu mendapatkan fasilitas terbaik. Termasuk duduk di kursi VVIP yang telah disediakan.

Namun dalam beberapa momen, Presiden Jokowi duduk di kursi sama seperti peserta lain. Tak ada kursi VVIP, kursi presiden dengan kursi peserta acara sama.

Seperti saat menghadiri Munaslub Partai Golkar pada Desember 2017 silam. Tidak ada kursi VVIP untuk Presiden Jokowi, yang ada hanya kursi plastik diberi sarung warna putih, sama seperti kursi untuk peserta munaslub.

Mengganti kursi VVIP dengan kursi biasa adalah perintah langsung dari Presiden Jokowi. “Kursi itu diganti atas permintaan Presiden Jokowi, kata dia ingin setara dengan semua peserta,” kata Ketua Organizing Committee Munaslub Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita, waktu itu.

2. Duduk Tanpa Didampingi Pejabat

Presiden Jokowi menghadiri Peluncuran Tahap Pertama Penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) Tahun 2019, di Gelanggang Olah Raga Ciracas. Ada hal menarik di sana, tak banyak pejabat negara yang duduk mendampingi Presiden Jokowi, yang ada hanya Menteri Sosial Agus Gumiwang seorang. Sisanya, masyarakat biasa penerima PKH yang duduk disisi kiri dan kanan Jokowi.

Presiden yang menggunakan kemeja putih nampak berbincang dengan warga penerima PHK tersebut. Usai acaranya presiden tak lupa melakukan selfie bersama warga.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan jika itu semua adalah keinginan langsung dari Presiden Jokowi. Karena Presiden ingin mendengarkan aspirasi langsung dari masyarakat. Acara duduk bersama warga juga sudah sering dilakukan presiden saat kunjungan kerja ke daerah-daerah.

3. Duduk Lesehan

Presiden Jokowi juga pernah duduk santai lesehan bersama Ibu Negara Iriana. Saat itu tengah digelar nonton bareng film “Kulari Ke Pantai” bersama anak-anak di Istana Negara.

Tak ada jarak antara Presiden dan anak-anak, semuanya sama duduk secara lesehan. Presiden Jokowi dan Ibu Iriana serta anak-anak yang hadir terlihat menikmati film yang sedang diputar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *