49 DIBACA

Jokowi Resmikan Tol Pasuruan-Probolinggo

VNEWS.ID| Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) sepanjang 31,3 kilometer (km) di Jawa Timur diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (10/4/2019).

Dengan adanya tol ini Jokowi akan meningkatkan akses mobilitas, sehingga memberi nilai tambah bagi pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

“Dengan mengucap Bismillah, ruas I, II, dan III jalan Tol Pasuruan-Probolinggo, saya nyatakan resmi dibuka,” ucap Jokowi.

Tol Paspor terdiri dari tiga ruas, ruas I adalah Pasuruan-Tongas, ruas II Tongas-Probolinggo Barat, dan ruas III Probolinggo Barat-Probolinggo Timur.

Dengan beroperasinya ruas Tol Pasuruan-Probolinggo membuat jaringan tol di Pulau Jawa tersambung panjang. Setidaknya, dari Merak hingga Probolinggo telah tersambung sepanjang 840 km.

“Kalau kita lihat dari Jakarta, Cawang-Probolinggo sekarang ini sudah tembus sepanjang 840 km,” lanjutnya.

Dengan keberadaan tol ini maka akan mempercepat mempermudah akses mobilitas masyarakat dan barang sehingga menurut Jokowi ini akan memberikan nilai tambah bagi pertumbuhan ekonomi.

Jokowi berharap kawasan industri kecil dan mikro di daerah akan cepat berkembang karena telah didukung sehingga akses logistik dan barang akan lebih mudah, cepat dan efisien, termasuk akses parawisata makin berkembang.

Dalam peresmian tersebut, Kepala Negara didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk I Gusti Ngurah Putra.

Baca Juga :  Kampanye di Solo, Jokowi: Jangan Kendor Harus Terus Gaspol

Leave a Reply

Your email address will not be published.