Jokowi Restui Kaesang jadi Depok Pertama

VNEWS.ID| Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep menyatakan kesiapannya untuk menjadi Depok Pertama. Pernyataan Kaesang itu mendapat respon dari Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi tidak membantah pernyataan putranya maju sebagai wali kota di Depok.

Jokowi meminta awak media menanyakan langsung kepada Kaesang. “Gini lho, saya itu terbiasa ya, terbiasa kalau yang namanya anak sudah berkeluarga, saya punya anak sudah berkeluarga, itu tanggung jawabnya ada sudah di mereka,” ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers di Kantor BPKP, Jakarta Timur, Rabu (14/6/2023).

“Kalau saya ditanya, saya pasti memberikan saran. Tapi kalau saya tidak ditanya, saya pasti tidak memberikan saran. Tanyakan langsung ke Kaesang,” lanjutnya.

Ketika kembali ditanya apakah dirinya sudah memberikan restu kepada Kaesang, Jokowi menjawab singkat. “Tugasnya orangtua itu merestui dan mendoakan,” kata Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Kaesang Pangarep akhirnya memberi jawaban jelas terkait dukungan agar ia maju sebagai calon wali kota Depok.

Dalam video berjudul “Klarikasi, Saya Buka Suara” di kanal YouTube Kaesang Pangarep by GK Hebat, suami dari Erina Gudono itu menyampaikan bahwa dirinya siap untuk maju sebagai Depok 1. “Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Syalom, Om swastiastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan. Saya Kaesang Pangarep, saya sudah mendapatkan izin dan restu dari keluarga saya. Insya Allah dengan ini saya siap untuk hadir menjadi Depok pertama. Mohon dukungannya, merdeka!” ujar Kaesang, dikutip dari video tersebut, Sabtu (10/6/2023).

Adapun sebelumnya, rencana Kaesang Pangarep maju calon wali kota Depok mendapatkan dukungan dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Hal itu terlihat pada pemasangan baliho raksasa di Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat.

Jalan Margonda adalah salah satu jalur penghubung utama dari Depok menuju Jakarta. Tampak foto Kaesang yang tengah memegang bunga mawar dan logo PSI. Baliho tersebut bertuliskan “PSI Menang, Walikota Kaesang”.