119 DIBACA

Jokowi Tanya Prabowo Kenapa Partainya Banyak Caleg Eks Napi Korupsi

VNEWS.ID | Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal komposisi caleg Gerindra yang banyak bekas napi korupsi. Jokowi bertanya berdasarkan data dari Indonesia Corruption Watch (ICW).

“Kita tahu korupsi adalah kejahatan luar biasa. Bahkan Pak Prabowo pernah bilang korupsi di Indonesia sudah stadium 4, tapi saya nggak setuju. Tapi menurut ICW, partai yang Bapak pimpin termasuk yang paling banyak calon mantan koruptor atau mantan napi korupsi,” kata Jokowi saat debat capres-cawapres Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Pancoran Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Jokowi juga menyebut, pencalegan itu pasti dengan sepengetahuan ketua umum. Untuk diketahui, Prabowo merupakan Ketua Umum Partai Gerindra.

“Caleg itu yang saya tahu yang tanda tangan adalah ketua umumnya, berarti Pak Prabowo,” kata Jokowi.

Namun, mendengar pertanyaan Jokowi itu, Prabowo mengaku belum mengetahui soal data dari ICW itu. Bahkan dia menyebut data ICW tersebut subjektif.

“Mungkin ICW, saya sendiri belum dapat itu laporan itu dan benar-benar itu sangat subjektif. Saya tidak setuju itu, saya seleksi caleg tersebut. Kalau ada bukti, laporkan ke kami,” jawab Prabowo.

Jokowi kembali menegaskan pertanyaannya. Dia bertanya karena pencalegan itu diteken oleh seorang ketum, dalam hal ini Prabowo, dan sekjen.

“Mohon maaf, maksud saya mantan napi korupsi yang Bapak calonkan sebagai caleg di Gerindra itu berdasarkan data ICW ada enam yang diteken oleh Ketum dan Sekjen…,” lalu pertanyaan Jokowi terhenti.

Tapi, pertanyaan Jokowi tiba-tiba terhenti karena Prabowo ingin menyela. “Boleh saya menanggapi?” kata Prabowo ke Ira Koesno sebagai moderator.

“Tidak boleh,” jawab Ira.

Mendengar jawaban moderator, para tamu tertawa. Lalu Prabowo menunjukkan gestur joget kecil di atas panggung sembari tersenyum. Sandiaga, yang berada di sebelahnya merangkul dan melakukan gerakan memijit bahu Prabowo. Sejumlah tamu tertawa melihat peristiwa ini.

Baca Juga :  Luhut: Jokowi Pemimpin yang Berani Ambil Keputusan

Tak lama kemudian, Jokowi dipersilakan moderator melanjutkan pertanyaannya mengenai jumlah eks napi korupsi di Gerindra.

Leave a Reply

Your email address will not be published.