51 DIBACA

Jual Masker RP 300 Ribu, DPRD DKI: BUMD Pemprov DKI Jangan Seperti Tengkulak

VNEWS.ID| – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta PD Pasar Jaya diprotes karena menjual masker dengan harga selangit. PD Pasar Jaya dalam keterangannya bakal menjual satu boks masker dengan harga Rp300 ribu lantaran mulai langka akibat virus corona (covid-19).

Anggota Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Eneng Malianasari menyatakan bahwa harga Rp300 ribu per boks tergolong mahal sehingga menyulitkan masyarakat. Terlebih saat ini masyarakat kesulitan memperoleh masker.

“Jakarta sedang darurat, ini bukan saatnya meraup keuntungan. Justru di situasi seperti ini, jangan kita menari di atas keresahan orang. Lebih baik tidak berjualan jika mematok harga tinggi,” kata Eneng di Jakarta, Kamis (5/3).
Eneng menjelaskan bahwa pemerintah bertugas untuk menjamin kebutuhan masyarakat terpenuhi. Karenanya PD Pasar Jaya semestinya hadir untuk memenuhi kebutuhan secara adil.

“Hanya buat masyarakat sengsara, sudah susah malah dibikin mahal,” ujar dia.

Ia pun mengkritik sikap PD Pasar Jaya yang membeli masker bukan dari produsen melainkan dari penadah. Harusnya PD Pasar Jaya menggandeng BUMN lainnya yang menyediakan masker seperti Kimia Farma.

“Pemerintah justru jadi perpanjangan tangan tengkulak, yang dibutuhkan masyarakat adalah ketersediaan masker dengan harga normal,” ungkap dia.

Sebelumnya, PD Pasar Jaya akan menjual masker secara massif. Setidaknya ada 1.450 boks masker yang disiapkan untuk disebar di Jakgrosir dan pasar mitra milik PD Pasar Jaya.

“1.450 boks masker nanti coba akan kita distribusikan di Jak Grosir dan seluruh gerai JakMart, Mini DC, dan gerai-gerai lainnya,” kata Manajer Bidang Umum dan Humas PD Pasar Jaya Gatra Vagansa saat dihubungi, Selasa (3/3).

Gatra menjelaskan satu boks akan dijual seharga Rp300 ribu. Diakui Gatra angka ini naik dari harga normal sebelum virus Corona merebak.

Demi mencegah penimbunan massal, maka setiap orang akan dibatasi pembelian paling banyak hanya satu boks untuk satu orang. Rencananya penjualan akan dilakukan di 2 Jakgrosir, 43 mini DC, 29 Jakmart serta 28 Pop and mom.