Kepuasan Publik pada Jokowi Kembali Naik pada September 2020

VNEWS.ID| Tingkat kepuasan masyarakat Indonesia terhadap kinerja Presiden Joko Widodo secara umum sedikit mengalami kenaikan pada September 2020.

Hal ini menjadi temuan Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia mengenai mitigasi dampak Covid-19 di Tanah Air.

“Yang puas 68 persen, sedikit mengalami kenaikan dibanding bulan sebelumnya, tetapi juga tidak beda jauh dibanding tren-tren sebelumnya” kata Direktur Eksekutif Indikator Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers virtual yang digelar Minggu (18/10/2020).

Menurut survei Indikator, pada Juni 2015 tingkat kepuasan masyarakat terhadap Jokowi sempat turun drastis di angka 40,7 persen. Hal itu disebabkan adanya inflasi.

Namun, setelahnya, kepuasan masyarakat terhadap Presiden naik di atas 50 persen, kemudian 60 persen, sampai lebih dari 70 persen selama tahun 2019. Pada awal masa pandemi Covid-19 atau Febuari 2020, tingkat kepuasan masyarakat terhadap Jokowi turun di angka 69,5 persen.

Tiga bulan setelahnya yakni Mei 2020, angka tersebut kembali turun menjadi 66,5 persen. Angka ini kembali mengalami penurunan pada Juli 2020 menjadi 65,2 persen.

Meski demikian, kata Burhanuddin, angka kepuasan masyarakat terhadap Jokowi beberapa tahun terakhir cenderung stabil di atas 60 persen. “Bahkan pandemi itu tidak mampu menurunkan kepuasan terhadap kinerja Presiden,” kata dia.

“Saya dapat datanya, Presiden Filipina (Rodrigo) Duterte itu yang puas 91 persen, tetapi yang menarik Presiden Jokowi tidak mengalami penurunan kepuasan meskipun masyarakat mengalami pandemi. Mungkin masyarakat tidak menyalahkan pandemi pada Presiden,” tuturnya.

Untuk diketahui, survei dilakukan selama 24-30 September terhadap 1.200 responden dari seluruh daerah di Indonesia yang dipilih secara acak. Survei digelar melalui sambungan telepon. Dengan asumsi metode simple random sampling, survei ini memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9 persen.