107 DIBACA

KPU Tetapkan PDIP Raih 25 Kursi di DPRD DKI, PSI 8 Kursi

VNEWS. ID | Setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar seluruh sengketa Pileg 2019, KPU akhirnya menetapkan caleg terpilih untuk mengisi DPR dan DPRD 5 tahun mendatang. Di antara yang menetapkan itu hari ini ada KPU DKI untuk DPRD DKI.

Rapat pleno penetapan kursi dan caleg untuk DPRD DKI itu digelar KPU DKI di Hotel Merlyn Park, Jakarta, Senin (12/8). Dari hasil pleno, PDI Perjuangan menjadi partai dengan perolehan kursi terbanyak dari 10 dapil di DKI Jakarta.

“Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, 3 kursi di dapil 1, 2 kursi di dapil 2, 3 kursi di dapil 3, 2 kursi di dapil 4, 2 kursi di dapil 5, 2 kursi di dapil 6, 2 kursi di dapil 7, 2 kursi di dapil 8, 3 kursi di dapil 9, 4 kursi di dapil 10. Dengan jumlah kursi 25 kursi,” ujar Ketua KPUD DKI Jakarta, Betty Epsilon.

Posisi kedua dengan perolehan kursi terbanyak dipegang oleh Partai Gerindra. Gerindra berhasil memperoleh 19 kursi dari 109 kursi untuk DPRD DKI.

“2 kursi di dapil 1, 1 kursi di dapil 2, 1 kursi di dapil 3, 2 kursi di dapil 4, 2 kursi di dapil 5, 2 kursi di dapil 6, 2 kursi di dapil 7, 3 kursi di dapil 8, 2 kursi di dapil 9, dan 2 kursi di dapil 10. Dengan jumlah akhir 19 kursi untuk Gerindra,” rincinya.

Kemudian, posisi ketiga ditempati oleh PKS dengan perolehan kursi sebanyak 16 kursi. Kemudian posisi selanjutnya ditempati oleh Partai Demokrat yang berhasil mendapat 10 kursi.

Posisi selanjutnya diduduki oleh PAN, dengan berhasil memperoleh 9 kursi untuk DPRD DKI. Sedangkan partai baru, PSI berhasil menyabet 8 kursi di DKI. Perolehan ini kemudian diikuti oleh Partai Nasdem dengan 7 kursi.

Partai selanjutnya yakni ditempati oleh PKB dengan perolehan 5 kursi DPRD. Kemudian, menyusul Partai Golkar dengan total 6 kursi DPRD DKI.

Sementara PPP hanya berhasil medapat 1 kursi. Sedangkan untuk Perindo, Partai Berkarya, Partai Hanura, PBB, Partai Garuda, dan PKPI, keenamnya tak mendapat perolehan kursi sama sekali untuk tingakatan DPRD di DKI Jakarta.

“Sudah sah ya semuanya kita ketok palu dan akan ditandatangani oleh KPU dan saksi,” kata Betty.

Berikut parpol yang mendapat kursi di DPRD DKI Jakarta:

PDIP: 25 kursi

Gerindra: 19 kursi

PKS: 16 kursi

PAN: 9 kursi

PSI: 8 kursi

NasDem: 7 kursi

PKB: 5 kursi

Golkar: 6 kursi

PPP: 1 kursi