Lima Hari Setelah Johny G Plate Ditahan, Anies Mengaku Tidak Akan Melakukan Safari Politik

VNEWS.ID | Kejaksaan Agung pada Rabu (17/5) menahan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate atas dugaan keterlibatan dalam kasus korupsi proyek BTS BAKTI di Kementeriannya. Kasus ini diduga merugikan negara mencapai Rp 8 triliun.

Lima hari setelah penahanan Johny G Plate, Bakal Calon Presiden (Bacapres) Anies Baswedan mengaku enggan melakukan safari politik keliling Indonesia untuk merebut suara rakyat Indonesia pada pertarungan Pilpres 2024.

Tidak diketahui, apakah keputusan Anies untuk tidak melakukan safari politik terkait biaya atau karena alasan lainnya.

Sebelumnya Anies Baswedan pernah mengungkapkan bahwa biaya safari yang dilakukannya selama ini dibiayai oleh partai nasdem.

“Kalo selama ini ketika berkeliling yang menyelenggarakan memang Partai NasDem trasnportasi dianggarkan, ketika sampai dilokasi DPW Partai NasdDem dilokasi itu bertanggung jawab. Tuan rumah yang bertanggung jawab yang membackup panitia lokal yang mengurusi kegiatan tersebut,” jelas Anies yang dikutip oleh Vnews.id di youtube tribunnews pada selasa(7/3/2023).

Dalam melakukan safari politik keliling Indonesia, Anies Baswedan mengakui menggunakan private jet atau jet pribadi. Merk Jet pribadi yang digunakan Anies adalah Embraer Legacy 650. Jet inii dibekali mesin Rolls Royce AE3007A2. Dilansir dari Guardian Jet, harga Embraer Legacy 650 berada di kisaran Rp 198-366 miliar.