Pakai Baju Adat Khas Raja Bali, Jokowi: Saya Ganteng

VNEWS.ID| Kongres V Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) secara resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Kamis (8/8). Ada yang berbeda dari penampilan Presiden Jokowi. Penampilan itu membuat dirinya mengaku ganteng.

1. “Saya sekarang ganteng”

Jokowi tidak mengenakan pakaian warna putih yang menjadi ciri khasnya maupun seragam identitas PDIP. Ia tampak mengenakan pakaian adat khas kerajaan Bali, lengkap dengan keris yang diselipkan di punggungnya. Di sela-sela sambutannya, Jokowi menyampaikan alasannya mengenakan pakaian adat Bali tersebut. Ia beralasan karena Bali berhasil memenangkan Jokowi terpilih lagi sebagai Presiden RI periode kedua sebesar 91,68 persen.

“Saya sekarang ganteng. Mohon maaf Pak Prabowo, di Bali 91,6 persen. Saya menyampaikan apa adanya,” ujarnya lantas disambut gelak tawa para peserta kongres.

2. Jatah kursi menteri untuk PDIP lebih banyak dari partai koalisi lainnya

Sebelum Jokowi menyampaikan sambutan, Megawati terlebih dulu membuka Kongres V PDIP. Dalam penutupan pidatonya, Megawati meminta secara langsung pada Jokowi agar PDIP diberikan kursi yang lebih banyak di Kwbinet Kerja Jilid II.

Barulah saat giliran Jokowi memberikan sambutan, ia menjawab pernyataan Megawati tersebut. Jokowi memastikan, partai berlambang banteng moncong putih ini akan mendapatkan jatah kursi lebih banyak dari partai koalisi lainnya.

“Mengenai menteri, tadi Ibu Mega menyampaikan jgan empat dong. Kalau yang lain (Partai koalisi) dua, PDIP empat kan sudah dua kali (Dapat jatah kursi menteri). Jadi kalau nanti yang lain tiga, jadi PDIP belum tentu juga. Tapi yang jelas PDIP pasti yang terbanyak. Jaminannya saya,” jelas Jokowi lalu disambut gelak tawa lagi.

3. Ahok turut menghadiri kongres PDIP

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, atau yang akrab disapa Ahok turut hadir dalam Kongres V PDIP. Itu terlihat pada saat Megawati menyebut namanya dari atas panggung.

“Ini ada kader PDIP. Namanya Basuki Cahaya Purnama. Terkenal namanya Ahok,” ujar Megawati.

Seketika Ahok langsung beranjak berdiri dari kursi dan menyapa para peserta kongres. Ia tampak mengenakan seragam identitas PDIP. Ahok memang terdaftar sebagai Kader PDIP.

[irp]