122 DIBACA

Penumpang Menumpuk, KCI: Kami Sudah Jalankan PSBB, Pemda Jakarta Supportnya Mana?

VNEWS.ID| Pihak PT Commuter Indonesia (KCI) selaku pengelola dari Kereta Rel Listrik (KRL) menyayangkan masih banyaknya masyarakat yang berkegiatan di luar. Imbasnya, penumpang yang harus diantar jadi masih banyak.

Akibatnya, instruksi jaga jarak atau physical distancing dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tidak dijalankan dengan baik. Penumpang masih menumpuk di stasiun saat mengantre atau di dalam kereta.

Corporate Secretary PT KCI Anne Purba mengatakan, pihaknya hanya menjalankan aturan PSBB. Namun mobilitas masyarakat yang bepergian bekerja atau kegiatan lainnyanmasih saja tinggi.

“Kami sebagai operator sudah memenuhi sesuai dengan instruksi PSBB yang dibuat. Kami lihat sendiri masih banyak masyarakat yabg hendak bekerja,” ujar Anne saat dihubungi, Senin (13/4/2020).

Anne mengatakan penerapan PSBB tidak bisa dikerjakan pihaknya sendiri selaku operator angkutan umum. Dalam pelaksanaan PSBB, ia menyataka pihaknya sudah menerjunkan petugas dan menjalankan PSBB sebagaimana mestinya.

“KCI operator transportasi yang pasti sudah mengupayakan menurunkan 4000 lebih petugas di 80 stasiun dengan bantuan marinir,” kata dia.

Karena itu, ia mempertanyakan kontribusi Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mengurangi tingkat mobilitas masyarakat. Menurutnya perlu pengawasan ketat dan kontrol yang tepat agar tak ada lagi penggunaan angkutan umum kecuali memang mendesak.

“Sekarang bagaimana dengan support Pemda atas implementasu PSBB?” pungkasnya.

Sebelumnya, linimasa jejaring sosial Twitter diramaikan aduan warga soal penumpukan penumpang di stasiun Jabodetabek terkait penerapan PSBB Jakarta.