Perolehan Suara Jokowi-Amin Menembus Batas Psikologis Klaim Kemenangan

VNEWS.ID| Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi- KH Ma’ruf Amin menyampaikan optimisme sebagai pemenang pemilu presiden (Pilpres) 2019. Sebab berdasarkan rekapitulasi sistem perhitungan (Situng) War Room TKN, Jokowi-Ma’ruf Amin sudah mencapai lebih dari 80 juta suara atau sudah lebih dari 50 persen jumlah pemilih.

Bertempat di Gedung High End, Jakarta, Rabu (8/5/2019), para petinggi TKN dan ratusan relawan berkumpul untuk menyaksikan detik-detik perhitungan mencapai 80 juta. Dan angka 80 juta itu tembus sekitar 15 menit sebelum jadwal buka puasa 17.48 WIB. Setelahnya semua berbuka puasa.

Bendahara umum TKN, Sakti Wahyu Trenggono, yang hadir di tempat itu bersama Ketua TKN Erick Thohir, pihaknya optimistis Jokowi-Ma’ruf akan ditetapkan sebagai pemenang oleh KPU.

“Hari ini insyaallah kita yakin, 01 akan mendapatkan suara 80 juta, itu suara yang tidak bisa dikejar lagi. Kalau dalam satu pertandingan itu sisanya 15 juta pun dikasih ke sebelah, enggak bisa terkejar,” kata Trenggono.

Sementara Erick Thohir mengatakan pihaknya bukan hendak jumawa dengan raihan 80 juta suara itu. Namun

Hadir juga dalam kesempatan itu Dir hukum TKN Ade Irfan Pulungan, Jubir TKN Arya Sinulingga hingga Ketua TKN Erick Thohir.

“Ini bisa kita lihat bahwa data quick count tak jauh beda dengan real count,” kata Erick.

Wakil Direktur Saksi TKN Lukman Edy. Lukman menuturkan, angka itu merupakan angka psikologis.

“80 juta ini adalah angka psikologis, berasal dari 50 persen plus 1, dari 155 juta suara. 155 juta suara itu adalah partisipasi 81 persen dari 192 juta DPT,” kata Lukman.

Hingga saat diumumkan itu, Jokowi-Ma’ruf mendapat 56,7 persen, sementara Prabowo-Sandi 43,93 persen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *