60 DIBACA

Sepeda yang Dikayuh Jokowi, Sepeda Bambu Asli Indonesia

VNEWS.ID| Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga merupakan calon presiden no urut 01 saat menghadiri deklarasi alumni dari berbagai perguruan tinggi masuk ke area panggung acara dengan menggunakan sepeda. 

Yang menarik dari sepeda yang dikayuh Jokowi, di komplek Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (12/1/2019) adalah sepeda asli Indonesia.

Sepeda yang digunakan Jokowi 100 persen buatan Indonesia dengan rangka sepeda terbuat dari bambu.

Dirangkum dari berbagai sumber disebutkan sepeda bambu ini merupakan “made in Temanggung” salah satu Kabupaten di Jawa Tengah.

Adalah Singgih Susilo Kartono, pria alumni ITB Bandung bersama teman-temannya yang mengembangkan sepeda dengan rangka bambu, sebelumnya Singgih dikenal sebagai founder radio kayu Magno yang desainnya menang di Amerika Serikat.

Setelah radio kayunya sukses, tahun 2013 menjadi awal perjalanan sepeda bambu yang disebut dengan nama “Spedagi” atau Sepeda dan Pagi.

Bambu yang digunakan berasal dari Temanggung dan sekitarnya begitu juga dengan karyawannya, diberdayakan dari warga setempat.

Sepeda bambu Temanggung ini kini merambah hingga luar negeri, bahkan lebih dari 90 persen produksinya untuk di ekspor ke Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, negara-negara di Eropa juga ke Australia.

Merujuk pada laman resmi spedagi.com disebutkan 20% dari profit penjualan frame sepeda bambu dan asesoris bambu didedikasikan untuk membiayai program-program revitalisasi desa.

Bambu yang digunakan adalah jenis bambu petung, salah satu jenis bambu terkuat dan tersedia melimpah di pedesaan.

Bambu petung memiliki diameter besar dan dinding tebal, selain kuat memungkinkan membuat batang rangka sepeda dengan ukuran seragam.

Hingga saat ini sepeda bambu Spedagi memiliki 4 jenis produk sepeda, Spedagi Dwiguna (dual track), Spedagi Dalanrata (road bike), Spedagi Gowesmulyo (joy bike) dan Spedagi Rodacilik (minivelo).

Baca Juga :  Bank Mikro Nelayan Bukti Kepedulian Jokowi

Spedagi Gowesmulyo inilah yang dikayuh Jokowi saat menghadiri deklarasi dukungan dari alumni berbagai perguruan tinggi.

Radio kayu dan sepeda bambu karya Singgih Susilo ini membuktikan bahwa bangsa Indonesia memiliki sumber daya manusia dan sumber daya alam yang mampu bersaing di dunia internasional jika dikelola dengan dan dimanfaatkan dengan baik serta kreatif dalam menciptakan dan mengembangkan suatu produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published.