Survei April, Jokowi-Ma’ruf Semakin Melejit

VNEWS.ID| Hasil sigi Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyatakan jika elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul jauh dari pasangan calon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. SMRC memprediksi, peluang Jokowi-Ma’ruf menang di Pemilu 2019 ini sangat besar.

Direktur Riset SMRC Deni Irvan mengatakan, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf pada awal April mencapai 56,8 persen. Sementara, Prabowo-Sandi hingga awal April ini hanya mencapai 37 persen, dan yang masih merahasiakan pilihannya/tidak tahu 6,3 persen.

“Hasilnya terlihat sangat konsisten, Jokowi-Ma’ruf unggul signifikan atas Prabowo-Sandi,” kata Deni dalam rilis survei ‘Tren Pilihan Presiden-Wakil Presiden Seminggu Menjelang Hari-H’ di Kantor SMRC, Jakarta, Jumat, 12 April 2019.

Menurut Deni, keunggulan Jokowi-Ma’ruf terlihat dalam tiga pengukuran lainnya. Misalnya, jika pemilih yang belum menentukan (undecided voters) diprediksi pilihannya, maka elektabilitas Jokowi-Ma’ruf diperkirakan berkisar 56 hingga 60,5 persen dan Prabowo-Sandi antara 39,5 hingga 44 persen.

Kemudian, melalui pengukuran tidak langsung dengan skala bipolar 0-10 (0= Jokowi-Ma’ruf, 10= Prabowo-Sandi), elektabilitas Jokowi-Ma’ruf 55,7 sampai 58,8 persen. Sedangkan, elektabilitas Prabowo-Sandi hanya 41,2 sampai 44,3 persen.

Sedangkan, dalam pengukuran tidak langsung dengan skala unipolar 0-10 (0= pasti tidak akan memilih, 10= pasti akan memilih), elektabilitas Jokowi-Ma’ruf 55,8 sampai 58,6 persen. Sementara lawannya, Prabowo-Sandi 41,4 persen sampai 44,2 persen.

“Pada waktu survei diadakan, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf paling rendah 54,5 persen dan paling tinggi 60,5 persen. Sedangkan elektabilitas Prabowo-Sandi paling tinggi 44,3 persen,” ujarnya.

Menurut dia, perubahan dukungan memang masih mungkin terjadi. Namun, hal itu tidak akan mengubah prediksi kemenangan Jokowi-Ma’ruf. “Dari berbagai indikator yang ada dan melihat trennya, sangat besar peluang Jokowi-Ma’ruf menang dalam Pilpres mendatang,” ungkapnya.

Baca Juga :  4 Tahun Jokowi-JK, Panjang Jalan Tol Bertambah 423,17 Km

Survei SMRC dilakukan pada 5-8 April 2019 dengan melibatkan 2.285 responden yang dipilih secara acak di seluruh Indonesia. Margin of error survei ini mencapai 2,1 persen.

One Comment on “Survei April, Jokowi-Ma’ruf Semakin Melejit”

Leave a Reply

Your email address will not be published.