Tinjau Dagangan Warga, Jokowi Jajan Cilok

VNEWS.ID| Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau dagangan UMKM yang digeluti warga Ciracas, Jakarta Timur. Dalam tinjauannya itu, Jokowi sempat jajan kerupuk dan cilok.

Dagangan warga tersebut ternaung dalam program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan Pemodalan Nasional Madani (PNM). Jokowi meninjau program Mekaar itu di Lapangan Sepakbola Gongseng, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (10/1/2019). Jenis UMKM yang dijalani warga sebagian besar jualan makanan dan minuman.

Dalam program itu, warga yang berusaha lewat program Mekaar mendapatkan modal dari PNM sebesar Rp 2 juta. Mereka memutar modal tersebut dengan menjalani usaha seperti menjual gorengan, makana rumahan hingga sajian jajanan lainnya.

“Terpenting program Mekaar diberikan kepada ibu-ibu agar kegiatan usahanya lebih besar. Kalau sekarang super mikro bisa naik ke mikro, kecil, menengah dan seterusnya. Yang buka warung kalau dapat Mekaar bisa jadi besar,” kata Jokowi.

Jokowi berharap, modal yang diberikan itu bisa dikembangkan oleh warga dengan bertambahnya usaha yang dijalani. “Jadi usahanya berkembang terus jangan sampai usaha kok tetep terus. Hilang dan habis. Usaha kalau nggak berkembang ya hilang dan habis. Itu rumus,” katanya.

Usai memberikan penjelasan soal program Mekaar tersebut, Jokowi meninjau beberapa UMKM yang tersedia di lokasi acara tersebut.

Menariknya, ada pedagang bernama Sri Mulyani, yang menjual gorengan. Menteri Sekretaris Negara Pratikno yang melihat papan nama Sri Mulyani mengangkat ppan nama itu dan memotretnya. Namun, Jokowi tidak berbelanja di lapak Sri Mulyani.

Jokowi kemudian berpindah ke lapak dagangan lainnya dan memborong beberapa bungkus kerupuk. Dia juga membeli beberapa bungkus makanan mpek-mpek, onde-onde dan gorengan. Terakhir, dia mampir ke gerobak dagangan cilok.

“Ini berapa satu tusuk?” tanya Jokowi ke pedagang.

Baca Juga :  Ruas Tol Sragen-Ngawi akan Beroperasi Akhir Oktober 2018

“Rp 2 ribu Pak,” jawab pedagang tersebut.

Jokowi lantas mengambil beberapa tusuk cilok dan dimasukkan ke dalam bungkus plastik. Jokowi juga sempat memamerkan belanjaannya itu ke arah wartawan.

“Ini tadi saya beli cilok, murah banget ini,” kata Jokowi. [ALI]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *